oleh

Pemdes Margorejo Sampaikan Realisasi APBDes Tahun 2022

 

Pati – Cakranusantara.net |Pemerintah Desa (Pemdes) Margorejo, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menyampaikan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022, sebagai wujud ketransparanan dalam pengelolaan anggaran yang telah didapatkan bersama BPD.

Anang Yudiastanto wakil ketua BPD setempat mengatakan, dalam rapat penyampaian itu dipimpin langsung oleh Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Mohamad Roni, juga dihadiri oleh seluruh Ketua RT, RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Lembaga Desa.

Dalam kesempatan ini, masing-masing lembaga yang ada di Desa Margorejo BPD, Bumdes, LPMD, KPMD, Stunting, Posyandu, PKK, Karangtaruna, menyampaikan realisasi kegiatannya selama kurun waktu tahun 2022.

“Setelah penyampaian laporan pertangungjawaban dari masing masing lembaga desa, dilanjutkan penyampaian realisasi APBDes oleh Bendahara Desa, Suharto,” katanya, Kamis (19/1/2023).

Selain itu, juga diadakan reorganisasi kelembagaan dari RT, RW, KPMD, LPMD karena sudah habis masa jabatannya pada Desember 2022 yang lalu.

“Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban oleh Lembaga Desa sangatlah penting, agar tidak ada kecurigaan penyimpangan dana yang telah dianggarkan, juga bertujuan untuk menginformasikan pada masyarakat bahwa alokasi dana yang dianggarkan tepat sasaran dan peruntukannya,” lanjutnya.

Tamu undangan yang turut hadir dalam acara ini, mereka sangat antusias dan memberikan banyak masukan kepada Pemdes. Diakhir acara, Salah satunya Bambang Eko Prasetyo Ketua RT 01/02 memberikan apresisiasi terhadap kinerja pemdes, maupun lembaga Desa lainnya.

“Karena ia menilai, dari tahun ke tahun yang semakin terbuka dalam penyampaian pertanggungjawaban penggunaan keuangan. Bambang mengapresiasinya, karena acara ini merupakan wadah keterbukaan, atas anggaran yang digelontorkan ke Desa, semoga dari tahun ke tahun akan semakin lebih baik,” tambahnya.

Acara berjalan lancar, dan kondusif, masyarakat juga menaruh harapan, semoga kedepan pemdes Margorejo menjalankan tugasnya menjadi lebih maksimal demi kesejahteraan dan ketentraman pada masyarakat,” tutupnya.

(Rohman)

Komentar

Tinggalkan Balasan