oleh

Dua Mahasiswa UTM Berikan Sosialisasi di Blora

 

Blora – Cakranusantara.net | Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 02 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) merupakan tugas pokok dari Mahasiswa dan Dua mahasiswa UTM tengah melakukan sosialisasi tanaman cepat panen serta pengenalan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) kepada warga Desa Ngrawoh, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, kedua mahasiswa KKNT 02 UTM bernama Adi Budi Santoso dan Aditya Iqbal Maulana memberikan materi/ sosialisasi tanaman cepat panen sekaligus pengenalan iptek dalam rangka mendukung Kebangkitan Sosial dan Ekonomi Masyarakat.

Antusias warga yang tinggal di Desa Ngrawoh itu sangat baik, dimana ibu-ibu dan beberapa remaja ikut serta dalam kegiatan.

Susunan acara dalam kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan pemberian materi, pentingnya tanaman cepat panen yang dimana poin dari materi ini adalah pemanfaatan pekarangan rumah warga yang dapat digunakan untuk penanaman tumbuhan seperti kangkung, bayam, sawi, cabai, dll yang sekira bisa memberikan manfaat bagi Masyarakat.

Adapun manfaatnya seperti;

1. Mendukung ketahanan pangan,

2. Menambah penghasilan rumah tangga,

3. Memanfaatkan waktu luang warga untuk kegiatan yang lebih positif.

Tidak hanya itu dalam pemberian materi mahasiswa KKNT 02 UTM juga memberikan tips bagi masyarakat penanaman tumbuhan cepat panen ini bisa memberikan feedback langsung seperti dalam penanaman cabe, masyarakat agar mendapatkan feedback-nya tidak perlu menunggu hasil tanaman tersebut berbuah masyarakat bisa menjual bibitnya di pasar terdekat dan juga di platform Facebook marketplace agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas (Warganet).

Susunan acara selanjutnya memberikan praktik penanamannya dan selanjutnya di sambung pemberian materi beserta prakteknya mengenai pengenalan IPTEK. Dalam pemberian materi masyarakat sangat antusias dalam mendengarkan. Selanjutnya mahasiswa KKNT 02 UTM mempraktekan pengenalan itu.

IPTEK kepada masyarakat yaitu salah satunya pengenalan pembayaran digital atau alat transaksi digital yaitu linkaja dan dana. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan feedback positif bagi masyarakat contohnya;

Masyarakat bisa melakukan bisnis kecil mulai dari menjual pulsa lewat aplikasi pembayaran digital tersebut. Dalam pemraktekannya mahasiswa KKNT 02 UTM memberikan contoh cara mendaftar dan menggunakan aplikasi pembayaran digital tersebut sebagai alat transaksi dan juga cara berbisnis pulsa.

Dengan adanya sosialisasi dari mahasiswa KKNT 02 UTM ini diharapkan masyarakat nantinya dapat mengimplementasikan / mempraktekkan dan juga harapan besar masyarakat juga dapat mendapatkan manfaatnya.

Penanaman tumbuhan ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat luas demi mendukung ketahanan pangan masyarakat dan berpotensi mendukung ekonomi masyarakat.

Menurut kedua mahasiswa KKNT 02 UTM tersebut penanaman tumbuhan cocok diterapkan di pekarangan rumah warga yang mempermudah masyarakat untuk dapat mengimplementasikannya. Dan juga pengenalan IPTEK ini merupakan hal penting yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan berpotensi mendukung ekonomi masyarakat.

Pemberian Sosialisasi mengenai IPTEK tersebut diterima oleh masyarakat dan masyarakatpun sangat antusias untuk mengimplementasikannya dirumah dikarenakan dapat mempermudah transaksi masyarakat.

Penulis ; Adi Budi Santoso/ Aditya Iqbal Maulana

NIM 190231100126/ 190231100150

Editor ; Rohman

Komentar

Tinggalkan Balasan