oleh

Polda Jateng Sosialisasi dan Uji Coba ETLE Berbasis Drone di Wilayah Pati

Pati – Cakranusantara.net | Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda, Jawa Tengah terus melakukan sosialisasi dan uji coba tilang berbasis Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di seluruh jajarannya.

Kepala Seksi Pelanggaran Subditgakum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Ilham S Sakti mengatakan, Sosialisadi dan uji coba penggunaan e-tilang berbasis drone di wilayah hukum Polresta Pati. Yang sebelumnya telah melakukan sosialisasi di Polres lainnya.

“Penggunaan pesawat tanpa awak, untuk penindakan tilang ETLE. Merupakan pengembangan dan penyempurnaan yang selama ini telah dilaksanakan di wilayah hukum Polda Jateng,”  ungkapnya disela-sela uji coba di jalan Kolonel Sunandar depan GOR Pesantenan Pati, Senin (30/01/2023).

Menurutnya, sebelumnya seluruh jajaran kepolisian RI telah menerapkan penilangan secara elektronik, baik ETLE statis yang dipasang di sejumlah lampu pengatur lalu-lintas dan juga ETLE mobile.

“ ETLE statis dan ETLE mobile (Aplikasi) ini di Jateng sudah sangat masif, dan ini mulai dikembangkan lagi melalui integrasi drone,” katanya.

Ia menjelaskan, tilang ini berbasis drone tersebut tidak hanya penindakan bagi pelanggar lalu-lintas saja, melainkan juga untuk memantau arus lalu-lintas di sejumlah titik-titik yang rawan kemacetan.

Kompol Ilham menambahkan, mekanisme penilangan berbasis drone tersebut hampir sama dengan penindakan pelanggaran lalu-lintas dengan ETLE pada umumnya.

Menurutnya, setelah dilakukan sosialisasi dan ujicoba tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap penggunaan ETLE berbasis drone.

“Kami masih akan melakukan evaluasi, apakah penggunaan drone ini akan dilakukan oleh tim Ditlantas Polda Jateng atau masing-masing Polres,” imbuhnya.

Untuk sementara ini, penindakan pelanggaran lalu-lintas ETLE drone tersebut masih terbatas pada personel Ditlantas Polda Jateng. Dan hingga saat ini baru terdapat lima personel yang terverifikasi untuk menerbangkan drone.

Kelima anggota Ditlantas Polda Jateng yang telah berhak menerbangkan drone ETLE tersebut, semuanya telah mempunyai sertifikat dan terverifikasi oleh Asosisasi Pilot Drone Indonesia.

Menurutnya, selama 25 menit melalukan ujicoba penerapan ETLE berbasis drone di sepanjang Jl. Kolonel Sunandar kompleks Gedung Olah Raga (GOR). Sejumlah pengendara kendaraan roda empat dan dua, tertangkap kamera yang terpasang dalam drone tersebut.

Namun, pihaknya masih perlu melakukan verifikasi, berapa jumlah pelanggaran yang sudah tertangkap kamera ETLE drone tersebut,” tandas Kompol Ilham.

(Rmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan